TERPOPULER

Selamat Datang di Blog Ilmu Geografi ini, dalam blog ini saya menyediakan berbagai macam informasi seputar Ilmu Geografi fisik, dengan Blog saya berharap agar pengunjung dapat memperoleh informasi yang di cari, demikian semoga bermanfaat.

Senin, 11 Maret 2013

Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari 2 kata, yaitu tsu (pelabuhan) dan nami (gelombang). Tsunami berarti “ombak besar di pelabuhan” adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba.
Istilah tsunami muncul setelah gempa besar 15 Juni 1896, yang menimbulkan tsunami besar melanda kota pelabuhan Sanriku dan menewaskan 22.000 orang serta merusak pantai timur Honshu sepanjang 280 km.

Penyebab Tsunami
Tsunami dapat diakibatkan beberapa hal, yaitu :

  1. Gerakan lempeng bumi di bawah laut. Gerakan lempeng bumi yang naik atau turun tiba-tiba akan mempengaruhi keseimbangan air laut sehingga tercipta gelombang tsunami.
  2. Letusan gunung api di laut. Getaran akibat letusan gunung api akan menimbulkan tsunami dengan skala lebih kecil. tsunami di banten dan Lampung yang terjadi tahun 1883 adalah akibat meletusnya Gunung Krakatu.
  3. Longsor bawah laut. Longsor yang terjadi dibawah laut juga dapat menimbulka gelombang tsunami, karena volume longsor akan mendorong air membentuk gelombang.

Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam, sunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Ketika mendekati pantai, kecepatan tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai 30 meter atau lebih. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.
Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih.

0 komentar: