TERPOPULER

Selamat Datang di Blog Ilmu Geografi ini, dalam blog ini saya menyediakan berbagai macam informasi seputar Ilmu Geografi fisik, dengan Blog saya berharap agar pengunjung dapat memperoleh informasi yang di cari, demikian semoga bermanfaat.

Sabtu, 16 Maret 2013

Makalah Pengaruh Massa Udara Terhadap Cuaca Dan Iklim Di Dunia


BAB I
PENDAHULUAN


I.1 LATAR BELAKANG

            Metolorogi dan klimatologi merupakan ilmu tentang atmosfer di muka bumi. Meteorologi erat kaitannya dengan klimatologi yaitu ilmu yang mempelajari iklim. Iklim adalah jalannya keadaan cuaca atau keseluruhan keadaan dari gejala cuaca dari daerah tertentu sepanjang tahun atau keteraturan . unsur atau pengendali cuaca dan iklim diantaranya masa udara, angin, curah hujan, tekanan udara, arus laut, badai dan sebagainya.
Massa udara merupakan bagian atmosfir yang tebalnya mencapai ribuan meter dari permukaan tanah dan meluas sampai ribuan meter persegi. Suhu dan kelembabannya serba sama dalam arah mendatar. Udara yang menetap untuk waktu yang cukup lama di atas permukaan bumi, sifatnya cenderung menjadi ciri khas permukaan bumi itu, dimana permukaan bumi itu berbeda. Jika sifat permukaan tersebut kurang lebih sama untuk daerah yang luas, seperti bentangan samaudera yang luas atau bentangan daratan yang luas, maka sifat udara di atas permukaan yang luas dan hampir seragam itu menjadi hampir seragam pula dalam bidang horizontal. Udara yang mempunyai sifata hampir seragam untuk daerah yang luas itu disebut massa udara. Sifat-sifat udara yang dimaksudkan itu terutama suhu dan kelembapan.
            Karakteristik cuaca dalam massa udara bergantung pada dua sifat dasar, yaitu sebaran suhu kearah tegak dan kadar airnya. Sebaran suhu kearah tegak menyatakan kemantapan massa udara. Karena kemantapan erat kaitannya dengan gerak vertikal didalam massa udara, maka sebaran uap air kearah atas, bentuk kondensasi, dan jumlah curah hujan, semuanya ditentukn oleh sebaran suhu kearah tegak.


I.2 RUMUSAN MASALAH
A. Apa pengertian massa udara?
B. Bagaimana mengidentifikasi massa udara?
C. Bagaimana penggolongan massa udara?
D. Apa pengertian front dan sifat-sifat dari front tersebut?
E. Bagaimana perubahan massa udara terjadi di permukaan bumi?

Download Selengkapnya Di Sini

0 komentar: