TERPOPULER

Selamat Datang di Blog Ilmu Geografi ini, dalam blog ini saya menyediakan berbagai macam informasi seputar Ilmu Geografi fisik, dengan Blog saya berharap agar pengunjung dapat memperoleh informasi yang di cari, demikian semoga bermanfaat.

Sabtu, 16 Maret 2013

Laporan Penginderaan Jauh Nilai Pantulan Spektral Obyek Pada Data Fto Udara Dan Citra Satelit


PENGENALAN DATA NILAI PANTULAN SPEKTRAL OBJEK
PADA DATA FOTO UDARA DAN CITRA SATELIT

I. LATAR BELAKANG
Teknologi penginderaan jauh merupakan teknologi yang mempunyai dapat mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat. Kemampuan penyediaan data dan informasi kebumian yang bersifat dinamik bermanfaat dalam pembangunan di era Otonomi Daerah. Data dan informasi mutakhir sangat diperlukan. Ketersediaan data dan informasi yang diimbangi dengan pengolahan data menjadi informasi wilayah dapat dilakukan dengan sistem informasi geografis (SIG).
Data-data penggunaan lahan juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lain misalnya untuk pembangunan, untuk mengetahui seberapa besar perubahan penggunaan lahan di suatu wilayah, juga dapat digunakan untuk keperluan perencanaan wilayah apakah lahan tersebut sesuai atau tidak.
Analisis penggunaan lahan yang menggunakan nilai spectral pada sebuah citra dilakukan untuk mengetahui bentuk-bentuk penguasaan, penggunaan, dan kesesuaian pemanfaatan lahan untuk kegiatan budidaya dan lindung. Selain itu, dengan analisis ini dapat untuk melatih mahasiswa untuk menganalisis data pada citra satelit ETM+.

II. TUJUAN
1.       Mahasiswa dapat menginterpretasi objek berdasarkan pola spectral pada foto udara dan citra satelit.
Mahasiswa dapat mengoperasionalkan progam ENVI 4,5  untuk mengetahui pola spectral secara digital.

Download Selengkapya Di sini 

1 komentar: