TERPOPULER

Selamat Datang di Blog Ilmu Geografi ini, dalam blog ini saya menyediakan berbagai macam informasi seputar Ilmu Geografi fisik, dengan Blog saya berharap agar pengunjung dapat memperoleh informasi yang di cari, demikian semoga bermanfaat.

Sabtu, 16 Maret 2013

Makalah Topografi Sebagai Faktor Pembentuk Tanah


BAB I
PENDAHULUAN

1.  Latar Belakang
            Pada mulanya tanah, tanah dipandang sebagai lapisan permukaan bumi (natural body) yang berasal dari bebatuan (natural material) yang telah mengalami serangkaian pelapukan oleh gaya-gaya alam (natural force), sehingga membentuk regolit (lapisan berpartikel halus.. Tanah dapat dijumpai hamper di semua tempat karena sebarannya yang begitu luas. Keberadaan tanah sangat penting bagi makhluk hidup karena tanah adalah tempat berpijaknya kaki, tempat tumbuhnya tanaman atau tempat berdirinya suatu bangunan.
Tanah merupakan lapisan paling luar kulit bumi yang biasanya bersifat tak padu mempunyai sifat tebal mulai dari sifat selaput tipis sampai lebih dari 3 meter, yang berbeda dari bahan di bawahnya dalam hal warna, sifat fisik, sifat kimia, sifat biologi (Marbut, 1914). Tanah dianggap sebagai hasil pelapukan oleh waktu yang menggerigiti batuan keras dan lambat laun mengadakan dekomposisi (Fallou, 1855). Tetapi pengertian tanah harus dihubungkan dengan zone-zone geografi karena pelapukan hamparan batuan menghasilkan hancuran yang tak konsolidasi yang bertindak sebagai bahan induk untuk evolusi tanah yang akhirnya mencerminkan efek terpadu dari iklim, makhluk hidup, topografi, dan waktu.
Tanah yang tersebar di permukaan bumi memiliki sifat dan karakterisrik yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena adanya factor-faktor geografis saat pembentukan tanah. Faktor-faktor pembentuk tanah tersebut antara lain adalah bahan induk, topografi, iklim, organisme, dan waktu. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan membahas tentang pengaruh topografi terhadap proses pembentukan tanah.

2. Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud dengan topografi?
2.    Apa macam-macam topografi?
3.    Bagaimana pengaruh topografi terhadap proses pembentukan lahan?
Bagaimana jenis tanah yang terbentuk berdasarkan topografi?

Download Selengkapnya Di Sini 

0 komentar: